Facebook Hapus 1,5 Juta Video Penembakan Masjid New Zealand

Facebook Hapus 1,5 Juta Video Penembakan Masjid New Zealand

FOTO : Lokasi Penembakan di Masjid Christchurch, Kini Dipenuhi Karangan Bunga dari Masyarakat New Zealand yang Bersimpati…

JAKARTA, (otonominews) - Facebook Inc menyatakan telah menghapus 1,5 juta video penembakan jamaah Sholat Jumat di Masjid Al Noor, Selandia Baru di seluruh dunia. Jumlah video tersebut adalah yang dihapus dalam waktu 24 jam usai serangan. "Dalam 24 jam pertama kami menghapus 1,5 juta video serangan, lebih dari 1,3 juta di antaranya diblokir saat diunggah," kata Facebook dalam twitnya, Sabtu (16/03/2019).

Facebook juga mengatakan menghapus semua versi video meski telah diedit tidak menunjukkan kekerasan. Hal ini demi menghormati orang-orang yang terdampak serangan teroris di masjid dan berdasarkan kekhawatiran polisi. Jumlah korban meninggal penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru naik menjadi 50 pada Minggu (17/03/2019). 

Teroris berkulit putih yang menembaki jamaah menyiarkan langsung aksinya selama 17 menit di Facebook. Pelaku menggunakan aplikasi yang didesain bagi penggiat olahraga ekstrem. Salinan video tersebut masih dibagikan di media sosial beberapa jam kemudian. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan ingin berdiskusi secara live streaming dengan Facebook.

 


Reuters

Populer Berita